Jumat, 16 Februari 2024

PKM Mojo, manfaat vaksinasi bagi bayi

 

       


Media Kim :Jumat 17--02-2024, Diruang Poli MTBS, PKM Mojo, bersama dr Ratna Mengasari Kepala PKM Mojo. Memberikan pelayanan vaksin DPT bayi apa manfaat DPT bagi bayi


Vaksinasi adalah salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan bayi. Salah satu vaksin yang sangat penting adalah DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus). 

 vaksin DPT melindungi bayi dari difteri. Difteri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan dapat menyebabkan;

 Pembengkakan pada tenggorokan dan pembentukan lapisan tebal di dalamnya. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan bahkan kematian pada bayi yang terinfeksi. Dengan memberikan vaksin DPT,dapat mencegah bayi terkena difteri dan melindungi mereka dari bahaya yang serius.

Selain itu, vaksin DPT juga melindungi bayi dari pertusis atau batuk rejan. Pertusis adalah penyakit yang sangat menular dan dapat menyebabkan batuk yang parah dan berkepanjangan pada bayi.


 Batuk yang parah ini dapat menyebabkan masalah pernapasan yang serius dan bahkan menyebabkan komplikasi seperti pneumonia. Dengan memberikan vaksin DPT, dapat mengurangi risiko bayi terkena pertusis dan melindungi dari efek yang berbahaya.


Vaksin DPT juga melindungi bayi dari tetanus. Tetanus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka. Penyakit ini dapat menyebabkan kejang otot yang parah dan bahkan kematian pada bayi yang terinfeksi. Dengan memberikan vaksin DPT, dapat mencegah bayi terkena tetanus dan melindungi mereka dari risiko yang serius.

Secara keseluruhan, vaksin DPT memiliki manfaat yang sangat penting bagi bayi. Dengan memberikan vaksin ini, dapat melindungi bayi dari difteri, pertusis, dan tetanus, yang semuanya dapat menyebabkan komplikasi serius dan bahkan kematian. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk memastikan bahwa bayi mendapatkan vaksin DPT sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh dokter.

Dengan DPT dapat memberikan perlindungan terbaik bagi bayi dan membantu mereka tumbuh dengan sehat dan kuat. Pungkas dr Ratna Megasari Kepala PKM Mojo. (Hely/media kim Airlangga). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Damai Surabaya ku bersama Kodim 0831/ST

                    Media Kim ; Dalam upaya mempererat hubungan antara TNI dan Masyarakat, Dandim 0831/Surabaya timur, Letkol Inf Didin Nasr...